Diperkirakan Akan Ada Letusan Gunung Berapi Maha Dasyat Pada Abad 13

Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa di abad ke 13 akan ada letusan gunung berapi yang besarnya 8 kali lipat daripada letusan gunung Krakatau yang ada di indonesia. Dimanakah letaknya gunung berapi itu? Ya gunung itu diperkirakan ada di Indonesia tepatnya antara gunung Samalas yang ada di Lombok NTB Indonesia.

Dampak dari  letusan gunung berapi tersebut diprediksi akan mampu mengubur sebuah kota seperti yang telah menimpa kota Pompaii, Napoli-Italia. " Pada skala lokal dan regional , dampak sosial- ekonomi dan lingkungan dari peristiwa ini bencana pasti dramatis , " laporan  Prosiding National Academy of Sciences . Beberapa gambar dibawah ini menunjukkan dampak area dan bukti lainnya.

Sumber letusan juga telah dipersempit ke gunung berapi Samalas di Pulau Lombok di Indonesia . Hari ini , semua yang tersisa adalah sebuah danau kawah besar .
Sumber letusan juga telah dipersempit ke gunung berapi Samalas di Pulau Lombok di Indonesia . Hari ini , semua yang tersisa adalah sebuah danau kawah besar .



Peta ini menunjukkan adanya batu apung yang besar dan sangat ringan dan berpori-batu vulkanik hingga 50 mm pada 46-km jarak tenggara dari ventilasi di Sumbawa. Para ilmuwan mengklaim ini menunjukkan besarnya besar letusan Samalas



Peta ini menunjukkan distribusi arus kepadatan piroklastik (pDCs) dari  Letusan Gunung Berapi Samalas dan lokasi sampel arang yang digunakan untuk penanggalan radiokarbon. Ledakan besar yang terjadi hampir 800 tahun yang lalu, mungkin telah membuat kota Pompeii terkubur, menurut para peneliti.


 Observasi lapangan pada lapisan piroklastik dari Letusan Gunung Berapi Samalas menunjukkan ketebalan maksimum yang diukur melebihi 1 m, dan kumulatif deposito jatuh mencapai hingga 1.60m

Sumber : Dailymail

1 komentar: