Awas..Hacker sekarang Bisa Mematikan Mobil Anda Selagi Jalan


Itulah peringatan dari salah satu perusahaan raksasa anti virus McAfee. Hacker bisa membahayakan kehidupan pengendara dengan mematikan mesin mobil mereka saat mereka berkendara.

Anti-virus McAfee memperingatkan bahwa perusahaan otomotif sekarang menjadi semakin tergantung pada komputer, sistem nirkabel seperti Bluetooth, dan perangkat lunak sebagai fungsi utamanya, menempatkan mereka untuk jadi sasaran empuk para hacker mania.


Pada awal tahun ini peneliti menunjukkan potensi penyerangan para hacker yang penyerang pada saat buka pintu dan menyalakan mesin hanya dengan pesan singkat sms, dan telah dipraktekan dibeberapa model kendaraan roda empat. Potensi serangan itu termasuk juga mematikan fungsi sistem remote kontrol, membuka dan menyalakan mesin melalui ponsel, melacak posisi, aktivitas dan rutinitas pengemudinya, pengambilan data via bluetooth, mengganggu sat-nav dan melumpuhkan bantuan darurat.

Semakin banyak fungsi yang tertanam di dalam teknologi digital mobil, semakin rentan pula serangan yang akan dihadapi " kata Stuart McClure, wakil presiden senior dan general manager, McAfee.
Peneliti di beberapa universitas telah menyimpulkan bahwa bahaya terbesar bagi pemilik mobil berasal dari akses fisik penjahat mendapatkan kendaraan mereka, karena semakin kritis komponen keamanan diterapkan maka akan semakin mudah untuk di hack.


Konsumen ingin tetap terhubung di mobil mereka lebih daripada sebelumnya, dengan akses internet dan smartphone dan integrasi tablet, tetapi McAfee menekankan bahwa produsen mobil tidak boleh mengabaikan ancaman dari malware.

1 komentar: