Tips Perawatan Mata untuk Pengguna Komputer

Banyak yang bisa kita lakukandengan komputer seperti pencarian informasi tanpa batas, pemesanan tiket on-line, belanja on-line, entertaiment, dan banyak lagi. Tapi dengan adanya peningkatan secara dramastis mengakibatkan banyak keluhan dari para penggunanya.
Hal yang menarik untuk menunjukkan di sini adalah bahwa penelitian telah menetapkan bahwa monitor komputer memancarkan radiasi yang berbahaya sedikit atau tidak ada, seperti x-ray atau sinar ultraviolet. Jadi kelelahan tidak langsung disebabkan oleh paparan layar komputer melainkan oleh lingkungan sekitarnya layar komputer, seperti pencahayaan yang buruk atau posisi yang tidak tepat dari peralatan komputer dan perabotan komputer. Regangan berlebihan pada mata - Computer Vision Syndrome (CVS) - dapat menyebabkan mata gatal atau terbakar, penglihatan kabur atau ganda dan sakit kepala. Semua gejala ini dapat menyebabkan frustrasi, iritasi meningkat dan ketidakmampuan untuk menyelesaikan pekerjaan seefisien satu mungkin tanpa perawatan mata yang tepat.
Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi matamu dari ketegangan dan kelelahan. Berikut adalah beberapa saran

Ubah Kedudukan Komputer
  • Tempatkan monitor pada jarak 20 sampai 30 inci atau sekitar lengan panjang dari mata Anda.
  • Tempatkan monitor sedemikian rupa sehingga bagian atas monitor berada pada tingkat yang sedikit di bawah tingkat mata horisontal.
  • Miringkan bagian atas monitor menjauh dari Anda di 10 - untuk 20-derajat sudut untuk menciptakan sudut pandang optimal.
  • Ubah pencahayaan rendah untuk silau dan refleksi keras. Anda juga dapat menggunakan filter silau atas layar komputer Anda. Sebuah tes yang baik adalah dengan mematikan monitor dan melihat apa yang tercermin dalam layar. Mengatur sudut atau posisi monitor tidak memiliki lampu bersaing atau refleksi.
  • Latar belakang dinding atau struktur di belakang monitor tidak boleh terlalu keras atau mengilap karena akan mengalihkan perhatian Anda dan menyebabkan ketegangan lagi berusaha untuk fokus pada layar.
  • Sesuaikan kecerahan untuk memiliki kontras yang baik antara huruf dan latar belakang. Ganti monitor jika Anda melihat kerlip apapun.
  • Jauhkan layar monitor bersih dari debu dan sidik jari.
  • Lebih bagusLCD dari monitor CRT karena layar LCD lebih dingin mata dan biasanya memiliki permukaan anti-reflektif.
  • Jika Anda menghabiskan waktu berjam-jam memasukkan data atau membaca dokumen yang panjang, coba menggunakan monitor yang lebih besar sehingga Anda dapat melihat mencetak pada layar komputer Anda baik.  
  • Anda juga dapat mencoba meningkatkan ukuran font untuk mengurangi ketegangan mata.
  • Gunakan kursi disesuaikan tepat untuk menyesuaikan tingkat mata Anda dengan layar. 
 
Latihan Relaxasi Mata
  • Orang-orang cenderung untuk mengurangi tingkat berkedip saat bekerja pada komputer. Mengedipkan mata Anda sesering itu kembali membasahi mata Anda untuk mencegah kekeringan dan iritasi. Semakin Anda berkedip semakin baik untuk mata Anda.
  • Lihatlah jauh dari komputer Anda setidaknya setiap 20 sampai 30 menit dan menatap sebuah objek yang jauh (minimal 20 meter) setidaknya selama 20 detik.
  • Tutup mata Anda selama beberapa menit ketika pekerjaan Anda memerlukan input yang berkepanjangan data ke komputer.
  • Cobalah untuk memijat dan mengendurkan otot-otot di sekitar mata Anda sesekali.
  • Memperkuat otot-otot mata Anda dengan serangkaian latihan mata akan mencegah ketegangan mata.
  • Setiap 30 menit, gosok telapak tangan Anda terhadap satu sama lain sampai mereka menjadi hangat dan menempatkan tangan di mata Anda memastikan untuk memblokir semua cahaya. Lakukan ini selama setidaknya satu menit, lebih lama jika Anda memiliki waktu yang tersedia untuk Anda. Latihan ini akan memberikan mata Anda istirahat yang sangat dibutuhkan dari kecerahan komputer dan penglihatan Anda akan menjadi jauh lebih jelas.
  • Ambil waktu istirahat untuk meregangkan otot untuk mengenbalikan tanaga anda. Bangun dari kursi dan mengambil jalan singkat untuk beberapa menit. Beberapa menit berjalan tidak hanya akan memberikan mata Anda istirahat menyegarkan tetapi juga akan memberikan tubuh dan pikiran Anda beristirahat.
 General Tips
  • Memiliki pemeriksaan mata rutin yang komprehensif setiap tahun dengan dokter spesialis mata Anda bersertifikat.
  • Jika memungkinkan, lepaskan lensa kontak dan menggunakan kacamata saat menggunakan PC. 
  • Membuat diet Anda kaya vitamin (seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E) yang menjaga kesehatan mata. Termasuk makanan seperti wortel, bayam, almond, salmon dll.
SEMOGA BERMANFAAT!!!!

1 komentar: