photo Arsus88baru2_zpsbe64ed0e.gif

Penghasil Listrik Tenaga Surya Tanpa Matahari



Tahukah Anda, bahwa panel surya yang mengubah panas menjadi listrik, ternyata juga bisa memanfaatkan sumber panas lain.Teknologi photovoltaic (PV) umumnya dikenal sebagai perangkat yang mengubah sinar matahari menjadi sumber listrik. Teknologi ini terdapat pada panel surya.
Tapi ilmuwan Massachusetts Institute of Technologymenciptakan inovasi dengan menciptakan reaktor silikon mikro yang dapat menyerap panas dan menciptakan listrik, serta menyalurkan listriknya ke perangkat elektronik.
Jadi photovoltaic tidak hanya dapat bekerja dengan memanfaatkan sinar matahari, karena yang dibutuhkan bukan sinarnya, melainkan panasnya. Teknologi termal atau panas ini bekerja dengan cara sama seperti panel surya.
Radiasi panas yang diserap, menggerakkan atom dalam struktur semikonduktor, yang kemudian mendorong elektron, dan menghasilkan listrik.
Reaktor mikro ini cukup kecil dan dapat menggantikan baterai ion lithium. Bahkan, efisiensi energinya lebih baik daripada baterai lithium.
Sumber panas perangkat lain seperti dari TV, kompor, atau kendaraan bermotor, dapat digunakan untuk misalnya menggerakkan jam, menyalakan lampu, atau mengisi daya ponsel

Tidak ada komentar: