Api Lilin Ternyata Hasilkan Jutaan Berlian

Seolah tak hanya membuat makan malam terasa romantik. Ilmuwan menunjukkan, api lilin ternyata menghasilkan jutaan berlian kecil. Bagaimana bisa?



Kurang lebih 1,5 juta berlian tercipta tiap detiknya. Namun bagi mereka yang berpikiran mendapat keuntungan dari ini harus kecewa. Pasalnya, permata ini berukuran sangat kecil hingga butuh 300 ribu berlian ini untuk bisa menjadi pin rambut.
Lebih parah lagi, berlian ini akan langsung menghilang dalam sekejap mata. Temuan ini bisa terjadi berkat tantangan ilmuwan dari St Andrews University yang menantang untuk mencari tahu terbuat dari apa api lilin.
Profesor kimia Wuzong Zhou mengatakan, “"Seorang rekan dari universitas lain mengatakan, tak ada orang tahu terbuat dari apa api lilin. Kemudian saya bilang sains bisa menjelaskan semuanya."
Sejak itu, profesor kimia ini memutuskan untuk mencari tahunya.
Kemudian, profesor ini menciptakan alat penyaring yang memungkinkan partikel bisa diekstrak dari pusat api yang suhunya mencapai 1.400 C kemudian menelitinya. Mengejutkannya, ia malah menemukan karbon dari lilin membentuk empat jenis karbon murni, termasuk berlian dan grafit atau pembuat pensil.
Temuan ini telah diramalkan lebih dari 150 tahun lalu oleh Bapak Listrik, Michael Faraday seperti ditulis

Tidak ada komentar: