Kepala IkanJadi Pengganti Terasi

Ini tips resep tidak sengaja. Dan mulanya hanya iseng, Ya walaupun bisa dibilang karena terpaksa.
Ceritanya gini, aku sebagai ibu rumah tangga ni, biasa masak didapur. Waktu itu aku mau bikin sambal dan terburu-buru mau jemput anak pulang sekolah. Waktu mau ngulep sambal, eh kebetulan terasinya abis, and mau beli waktunya nggak cukup untuk ke warung. Dan aku baru inget kalau masih nyimpen ikan asin, yang biasanya untuk pedho. Langsung aku ada ide, untuk pengganti terasi. aku ambil kepala ikan pedho itu yang ukurannya kecil ya bisa dibilang ikan kucing, karena bentuknya kecil, dan ku cuci, lalu aku goreng dulu lalu dicampur dengan bahan sambal lain. E...... ternyata rasanya lebih maaantap.
Begini cara membuat dan bahan-bahan sambalnya :
Bahan :
1. Cabe rawit secukupnya
2. Bawang Merah 3 siung
3. Bawang Putih 2 siung
4. 1 Buah tomat
5. Penyedap rasa
6. Gula pasir/merah terserah selera
7. Dan tak lupa kepala ikan asin / ikan kucing kira-kira 6 biji
Cara membuatnya :
Pertama bahan sambal dibersihkan semua dan potong, goreng kepala ikan asinnya sampai mateng, kemudian masukkan cabe,bw. merah dan putih, beserta tomat. kemudian tiriskan dan diulek tambahkan gula dan penyedap rasa, dan inget jangan pakai garam, karena udah ada ikan asinnya, jadi udah asin.
Silahkan mencoba  sambalya dengan goreng ikan apapun bisa ( Tempe, tahu, ikan laut, ayam dan lain-lain ) dan buktikan rasanya...... Terimakasih (Nit)

Tidak ada komentar: