Lebih Dekat Rakyat Situs Pemerintah Di Jepang Pindah Di Facebook


Tak main-main pemerintah Takeo prefektur Saga, Jepang menghabiskan dana anggarannya senilai Rp. 67 juta untuk memindahkan situs pemerintahannya ke facebook. Tapi kenapa? Bukankah Facebook hanyalah situs jejaring sosial yang terlalu umum dan tidak berlegitimasi?
Mereka menggunakan page Facebook, yakni Facebook.com/takeocity. Tapi jika dilihat lebih teliti, konten di dalamnya masih di-host di situs resmi yang lama, yakni city.takeo.lg.jp.
Ini adalah akal-akalan cerdik pemerintah Takeo supaya lebih dekat dengan masyarakatnya. Orang Jepang banyak yang menggunakan Facebook. Jadi pemerintah Takeo mendekati mereka dengan cara ikut ber-Facebook ria.
Dengan begitu, masyarakat akan mudah mengetahui aktivitas program dan kebijakan pemerintahnya. Di facebook, segala update akan lebih mudah diakses, dan pemerintah juga lebih mudah mendapat umpan balik respon atas rencana tertentu dari masyarakatnya.
Sejumlah kampanye pariwisata, kesehatan, dan pendidikan juga akan lebih mudah menjangkau mereka. Di sana masyarakatnya juga bisa tanya-jawab secara langsung mengenai berbagai prosedur.

Tidak ada komentar: