photo Arsus88baru2_zpsbe64ed0e.gif

[TIPS] Transaksi Online dan Aman via kaskus

UNTUK PEMBELI

Harap berhati-hati dalam setiap transaksi online, utamakan transaksi secara langsung (COD) jika memungkinkan
Jika COD, periksa secara mendetil barang yang hendak dibeli, tanyakan kelebihan dan kekurangan dari barang tersebut, tanyakan juga bagaimana dengan layanan purna jual dan garansi (jika ada). Teliti sebelum membeli, periksa terlebih dahulu si penjual, dapat dilakukan dengan cara antara lain:

1. Cari semua postingan si penjual

cara mencari postingan si penjual adalah dengan meng-klik id si penjual dan pilih view public profile, klik pada bagian statistics, dan klik Find all threads started by ***, dimana *** adalah id user yang ingin kamu cari threadnya. Dengan cara ini akan dapat diketahui apakah seller masuk ke dalam daftar blacklist atau tidak. Penjual yang baik dan professional adalah mereka yang mempunyai sedikit thread, tapi dengan banyak reply dari para pembeli yang ingin berkonsultasi, sedangkan penjual yang mempunyai banyak thread akan sullit untuk memantau semua threadnya dan kesulitan menjalin hubungan dengan pembeli.

2. Lihat testimonial (kesaksian) dari para pembeli yang pernah membeli dari penjual tersebut

Dengan langkah diatas (mencari thread yang dibuat oleh penjual), Maka lihatlah thread testimonial dari penjual (jika ada), telitilah siapa saja kaskuser yang pernah bertransaksi dan memberikan kesaksian, akan lebih baik jika kesaksian telah banyak diberikan oleh kaskuser dengan jumlah postingan yang banyak dan mempunyai reputasi baik.Testimonial-testimonial dari penjual dapat dilihat di subforum khusus di fjb yaitu subforum Feedback dan Testimonial.

3.Lihat reputasi si penjual

walau reputasi bagus (berwarna hijau) tidak menjadi jaminan apakah penjual tersebut terpercaya atau tidak, tapi tidak ada salahnya untuk lebih waspada jika penjual belum mempunyai reputasi, apalagi jika reputasinya jelek (berwarna merah) Reputasi dapat dilihat pada bagian bawah dari user id.
Reputasi belum tentu didapat berdasarkan baik/buruknya user tersebut menjual atau membeli barang, tapi ada kemingkinan didapatkan dari subforum-subforum lain di kaskus selain FJB (Forum Jual Beli), jadi jangan cuma melihat reputasinya saja dan memutuskan untuk langsung bertransaksi, periksalah hal-hal lainnya

4.Bertanya dan atau konsultasi dengan sesama kaskuser

Kaskuser dapat berinteraksi dengan yang lainnya di thread Pos Ronda FJB, disana kalian dapat menanyakan pendapat kaskuser lain tentang penjual yang barangnya hendak kamu beli, bertukar pikiran, dan berbagi pengalaman, mengetahui modus-modus penipuan, dan lainnya, di thread ini biasanya terdapat informasi-informasi baru tentang nomor rekening blacklist, penjual bermasalah, dan lainnya.





UNTUK PENJUAL

Pilih judul thread yang singkat dan mewakili produk yang kamu jual, jangan menggunakan singkatan, karena googlebot secara berkala akan mencantumkan thread dagangan kalian pada mesin pencari mereka, bayangkan kalau kamu jualan duren bangkok, tapi kamu tulis judul "mau yang enak dan murah?" memang judul kamu menarik orang untuk melihat isi thread kamu, tapi terdaftar di mesin pencari google dengan judul tersebut, jadi jika seandainya ada orang yang mencari duren di google tidak akan pernah melihat thread kamu, rugi kan?


  • Untuk penjual yang belum anda kenal atau dengan Kaskus rank & GRP yang masih rendah, lakukan transaksi secara C.O.D (cash on delivery) dengan cara bertemu langsung dengan penjual. Transaksi bisa dilakukan secara tunai atau transfer langsung setelah barang diperiksa & diterima.
  • Usahakan jangan melakukan transfer uang untuk penjualan dengan penjual yang reputasinya belum dikenal.
  • Jangan pernah memberikan informasi finansial seperti bank acc info, paypai account dll.
  • Baca testimonial penjual dengan baik, banyak berkomunikasi dengan sesama pembeli di forum kaskus, pilih penjual dengan reputasi baik.
  • SELALU MENUKAR BARANG LANGSUNG DIDEPAN MUKA - ikuti peraturan ini, 99% SCAM tidak akan terjadi. Jika bertransaksi langsung, diharapkan selalu membawa teman juga. (lebih banyak lebih baik)
  • JANGAN PERNAH MENGIRIM UANG MELEWATI WIRE-TRANSFER SERVICES
  • KASKUS TIDAK PERNAH MENGIKUTI ATAU MENGAWASI ATAU BERTURUT-CAMPUR ATAS ADANYA SEMUA TRANSAKSI YANG TERJADI DI FORUM KASKUS. - Kita tidak menangani pembayaran, garansi, transaksi, lelang, dan seterusnya.
  • JAUHILAH SEMUA TRANSAKSI YANG DILAKUKAN DENGAN PENGIRIMAN BARANG  Hanya SCAMMER yang "Garansi" transaksi anda

Tidak ada komentar: