Kontrol Ponsel Via Olah Pikiran

Kontrol Ponsel Via Olah Pikiran



Pernah ingin menghubungi seseorang via ponsel tapi malas memencet tombol atau terlalu sibuk? Jangan khawatir. Inilah ponsel yang bekerja hanya dengan manfaatkan imajinasi pikiran.

Peneliti di California telah menciptakan ponsel yang bisa menghubungi orang lain via isyarat otak. ilmwaun di Swartz Center for Computational Neuroscience di University of California, San Diego, Amerika Serikat, Tzyy-Ping Jung bersama koleganya percaya dengan sedikit uji coba, seseorang bisa mencapai akurasi 100% untuk menggunakan sistem tersebut.

Seperti banyak sistem antarmuka lainnya, teknologi Jung bergantung pada electroencephalogram (EEG) elektroda di kulit kepala untuk melakukan transmisi aktivitas listrik di otak.

Ikat kepala EEG itu dihubungkan ke modul bluetooth nirkabel yang nantinya mengirimkan sinyal ke ponsel Nokia N73 tersebut. Ini menggunakan algoritma untuk proses sinyal.

Apa yang dilakukan Jum untuk fitur otak sebenarnya sudah muncul bertahun-tahun lalu, namun diperkecil dalam lingkup ukuran perangkat ponsel.

Ilmuwan percaya teknologi ini dapat digunakan untuk masyarakat yang tidak dapat memfungsikan tangan dalam memanfaatkan ponsel.

Tidak ada komentar: