photo Arsus88baru2_zpsbe64ed0e.gif

Alternatif fuel pump buat BMW M40

Ditengah perjalanan yang terik tiba-tiba m40 saya ngadat, ga mau jalan alias MOGOK....hah.....ditengah jalan lagi bikin macet orang lain. Setelah bersusah payah minggirin tuh mobil (kebo soalnya....berat banget),buka kap mobil cek satu persatu dari wiring,bersihin AFM,cek pengapian ok semua.Terhenti sejenak mikirin apa lagi yang jadi penyebabnya....

Akhirnya saya buka laptop browsing di dunia maya, tanya-tanya ke forum bmw akhirnya setelah dapet beberapa respon jawaban,ada salah satu yang masuk ke akal logika saya....FUEL PUMP!!!!!!. Waduh.....berarti saya harus nguras kantong lagi sekitar 1.8 jt lagi nih......Mumet kepala jadinya...... Trus teringat salah satu artikel tentang modifikasi fuelpump bmw. Setelah baca_baca tuh artikel saya coba DIY (do it your self).

Setelah mobil saya derek ke rumah, saya segera pergi cari alat-alat yang dibutuhkan, antara lain :

- fuel pump Denso (yang dipakai di Escudo), Rp 450.000
- frame fuel pump E30, pakai bekas fuel pump yang mati
- selang bensin
- klem selang bensin, Rp 1.500 per pcs, perlu 2 pcs
- tie wrap (ukuran besar), Rp 1.000 per buah, perlu sekitar 6 buah
- kabel secukupnya
- timah secukupnya
- solder, gergaji, tang, obeng,

Cara modifikasi fuelpump

1. Lepas Fuelpump 


Buka jok belakang, buka 4 baut penutup fuel pump. Lepas 2 buah konektor yang menempel di fuel pump. Lepas pelampung. Putar berlawanan arah jarum jam untuk mengeluarkan fuel pump dari tempatnya.

2. Lepas fuelpump dari fuelpump assy

3. Gergaji rumah konektor fuel pump Denso.

Hal ini dilakukan karena fuel pump Denso tersambung menggunakan konektor sedangkan fuel pump E30 disolder. Jadi rumah konektor perlu dibuang agar mudah ketika menyolder kabel.

4. Ikat fuel pump Denso dengan tie wrap.

5.Rebuilt Fuelpump hasil modifikasi

Sambung lubang frame fuel pump E30 dan fuel pump Denso menggunakan selang bensin. Ikat ujung-ujung selang dengan klem dan perkuat selang dengan tie wrap (agar selang tidak lepas dan/atau pecah). Sambung terminal fuel pump Escudo dengan terminal frame fuel pump E30 dengan kabel secukupnya. Pastikan solderanya melekat dengan sempurna.

Setelah semua sempurna terakit saya pasangkan lagi itu fuelpump ke dalam tangki,nyalakan mesin JRENG!!!!!!....langsung tokcek ga pake susah starternya....MANTAP!!!!. Saya coba geber sampai RPM tertinggi ga ada masalah, diajak jalan dibawah terik sinar matahari juga tidak ada masalah. PROBLEM IS SOLVE!!!!!!!!....Berati saya bisa menghemat 1 juta lebih untuk masalah fuelpump. SEMOGA BERMANFAAT!!!!!

Tidak ada komentar: